Carbon Active – Saringan pada akuarium ialah sebuah bagian penting pada akuarium, bagus akuarium air tawar ataupun akuarium air laut. Pemakaian saringan pada akuarium yakni untuk menjaga kwalitas air supaya konsisten sehat dan terhindar dari berjenis-jenis kotoran dan bahan yang terlarut sehingga menyebabkan air menjadi keruh serta memunculkan bau yang tak enak. Penting untuk dikenal juga, bahwa tampilan air yang bening tak berarti air hal yang demikian bagus untuk ikan yang hidup didalamnya.  Memilih saringan akuarium yang ideal memang bukanlah suatu hal yang gampang. Sebab tak cuma menetapkan bagaimanan perawatan akuarium, namun juga menetapkan kwalitas kehidupan seluruh yang ada di dalam akuarium hal yang demikian.

Dalam filtrasi akuarium, terdapat tiga mekanisme yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.

1. Mekanisme Biologis 

Mekanisme secara biologis, melibatkan kuman pengurai untuk merubah bahan-bahan berbisa yang terkandung dalam air. Bahan-bahan berbisa yang terkandung dalam air bisa berupa sisa-sisa makanan ikan, kotoran ikan, atau tumbuhan yang membusuk. Kalau bahan-bahan hal yang demikian terlarut dalam air, karenanya akan menyebabkan ammonia. Ammonia hal yang demikian akan diubah oleh kuman pengurai menjadi bahan yang justru berkhasiat sebagai pupuk untuk pertumbuhan tanaman di dalam akuarium.

2. Mekanisme Mekanik

Prinsip kerja dari filtrasi mekanis, yaitu bahan-bahan membahayakan, sisa-sisa makanan, dan kotoran yang sudah membusuk akan disaring oleh penyaring yang mempunyai lapisan. Cara filtrasi macam ini baik dipakai supaya kotoran dengan ukuran yang besar tak ikut serta terlarut dalam air. Tapi, sebab sistemnya yakni seperti filter pada lazimnya, karenanya pembersihan pada lubang-lubang filter mesti dilaksanakan secara rutin dan terprogram.

3. Mekanisme Kimia

Berbeda dengan dua mekanisme sebelumnya, filtrasi yang dilaksanakan secara kimiawi menerapkan bahan kimia berupa larutan yang mengikat bahan membahayakan dalam air supaya diresapi oleh senyawa kimia yang terdapat pada filtrasi kimia. Dalam hal ini, karbon aktif banyak dipakai oleh sebagian orang sebab dianggap gampang dan kencang dalam penerapannya. Karbon aktif bisa menjalankan peresapan dengan sungguh-sungguh bagus. Pada akuarium, dia akan menyaring air di akuarium dari bau yang tak enak, senyawa yang menyababkan air keruh, dan mengabsorpsi sisa-sisa obat yang terkandung dalam air yang mana dapat berbahaya ikan dan filtrasi biologis yang terkandung dalam air.

Untuk itu penting untuk memilih produk karbon aktif yang cocok dengan keperluan akuarium serta berkualitas tinggi sehingga nantinya tak akan berbahaya kehidupan yang terdapat di dalam akuarium hal yang demikian. Untuk memilih produk karbon aktif yang bagus bagi filtrasi akuarium Anda, kunjungi www.karbon-aktif.com dari Deutschcarb, supplier karbon aktif berkualitas tinggi dengan kwalitas produk yang terjamin.

Langkah Ideal Cara Filtrasi Pada Akuarium