JAKARTA – Sesudah ramai gunjang-gunjing penambahan waktu belajar di sekolah dalam metode pelajaran delapan jam sehari selama lima hari alias Full Day international Schools in jakarta, Menteri Pengajaran dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy minta supaya sekolah tidak menjalankan penambahan waktu Aktivitas Belajar Mendidik (KBM).

Dia menegaskan bahwa Penguatan Pengajaran Karakter yang gencar digunakan di dunia pengajaran Indonesia hal yang demikian tak merubah struktur kurikulum dan menambah waktu belajar siswa di sekolah.

“Kami minta supaya sekolah tak menjalankan penambahan waktu Aktivitas Belajar Mendidik (KBM) di kelas (intrakurikuler) di luar ketetapan kurikulum 2013 ataupun Kurikulum Tingkat Satuan Pengajaran (KTSP),” ujar Muhadjir Effendy di Jakarta baru-baru ini.

Dia membeberkan, tak ada perubahan kurikulum. Karena kurikulum yang dipakai dikala ini yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pengajaran.

BERITA TERKAIT : cambridge international school jakarta

“Sekiranya untuk kurikulum 2013 yang dijalankan lima hari, buah hati-buah hati SD selesai belajar pukul 12.10, padahal untuk SMP selesai pukul 13.20. Sesudah itu mereka dapat pulang dan melanjutkan dengan aktivitas ekstrakurikuler. Dapat di sekolah, dapat juga di luar sekolah seperti mengaji di madrasah diniyah,” tambahnya.

Penggunaan lima hari sekolah malahan, lanjut Mendikbud, bukan dilegalkan bagi siswa namun jam kerja bagi guru. “Itu lima hari sekolah, dengan delapan jam dalam satu hari, bukan diperuntukkan bagi siswa,” tegas Mendikbud.

Atas penggunaan ini, pemenuhan muatan kerja guru diperluas menjadi 5M, yakni merencanakan, mengerjakan dan mengukur hasil pelajaran atau pembimbingan. Kemudian guru juga bisa mengarahkan dan melatih peserta ajar, serta mengerjakan tugas-tugas tambahan.

Seperti dikenal kebijakan lima hari sekolah atau diketahui dengan istilah Full Day School hal yang demikian mengacu pada Tata Menteri Pengajaran dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017 seputar Hari Sekolah.

Pemerintah Kaji Kebijakan 8 Jam di Sekolah untuk Para Guru